Bahrum Bando Melamar Sebagai Dosen diterima Menjadi Rektor ITBM Polman

Ir. H. Bahrum Bando, M.M adalah Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, sebelum menjabat sebagai Rektor ITBM Polman Bahrum Bando melamar untuk menjadi dosen pada program studi Agribisnis, ia melamar sebagai dosen dengan mengantarkan berkasnya sendiri di Kantor BPH ITBM Polman di Aula Masjid Tamir Muhammadiyah Wonomulyo pada hari Jum’at di bulan September tahun 2019.

Rapat demi Rapat dilakukan oleh PDM Polman bersama BPH ITBM Polman dan Tim Kerja dalam mempersiapkan pendirian ITBM Polman pengusulan calon Rektor dan hingga akhirnya Bahrum Bando yang menjadi kesepakatan bersama untuk memimpin ITBM Polman selama satu periode kedepan.

Bahrum Bando sebelum ditunjuk oleh BPH ITBM Polman Bahrum Bando mengatakan bahwa dirinya bersedia menjadi rektor jika Kampus ITBM Polman telah mendapatkan izin pendirian kampus yang resmi dari kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Hal tersebut diucapkan sebab pengalaman sebagai pimpinan salah kampus sempat mengalami kendala disebabkan kampus tersebut belum memiliki izin oprasional sehingga dirinya menekankan kepada pihak Muhammadiyah Polman untuk memperjelas legalitas kampus yang akan didirikan sebelum menerima mahasiswa.

Menjadi Calon Tunggal

Nama Bahrum Bando menjadi calon tunggal Rektor ITBM Polman pertama pada periode 2020-2024. yang di usulkan oleh BPH ITBM Polman ke Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah namun pada dasarnya pengusulan rektor dilakukan minimal mengusulkan tiga nama kepada Majelis DIKTILITBANG PPM namun ITBM Polman diberikan keistimewahan sehingga Bahrum Bando menjadi calon tunggal Rektor.

Ditolak oleh Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah

Pengusulan Bahrum bando menjadi rektor ITBM Polman sempat mengalami penolakan oleh Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah dengan alasan Bahrum Bando beraviliasi atau masih menjadi pungurus Partai Nasional Demokrat di Polewali Mandar, maka pada Bahrum Bando di saranka oleh BPH ITBM Polman untuk membuat pernyataan tidak menjadi atau menjabat pengurus partai politik. dengan surat tersebut akhirnya Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah menerima pengusulan Bahrum Bando sebagai Rektor ITBM Polman.

Ir. H. Bahrum Bando resmi menjadi rektor pada  Agustus 2020 dan resmi dilantik oleh Sektetaris Majelis Pendidikan Tinggi dan Pengembangan PP Muhammadiyah Muh. Suyuti,M. Pd.,M.Ed.,Ph.D pada 10 Oktober 2020 di Aula ITBM Polman dan secara Virtual Meeting.

Ir. H. Bahrum Bando,M.M medapatkan pujian dari Majelis DIKTILITBANG dan LLDIKTI Wilayah 9 Sulaweai karena mendapatkan izin tercepat oleh Kemendikbud RI yakni selama 14 hari setelah Visitasi.

Selama menjadi Rektor Ir. H. Bahrum Bando, M.M memprogramkan beasisiswa di ITBM Polman yakni Program Beasiswa Satu Desa Dua Sarjana dimana program ini di peruntukkan bagi generasi yang ada di Desa untuk berkuliah di ITBM Polman dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 230 Mahasiswa tahun 2021, Hal ini mendapatkan pujian dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulbar dan juga Pimpinan Daerah Muhammadiyah Polewali Mandar karena jumlah peningkatan mahasiswa naik 200 persen dari tahun sebelumnya dimana tahun sebelumnya sebanyak 50 Mahasiswa.

Program tersebut sebagai bentuk untuk membangun generasi dan sember daya manusia yang berkualitas di Polewali Mandar dan Sulawesi Barat.

selain itu telah banyak kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak dan instansi diantaranya, Universitas Muhammadiyah Sidrap, Unimaju, Dinas Petanian dan Pangan Kab. Polman, Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Polman dan Paneleh Riset.

Ia berpulang kerahmatullah pada ahad 28 November 2021 di RSUD Polewali Mandar karena penyakit Maag Kronis dan dimakamkan di Pekuburan Islam Mapilli Senin 29 November 2021.

Beliau lahir di Kalosi Enrekang tanggal 7 Maret 1951 beberapa Jabatan penting yang pernah diamankah kepada Bahrum Bando yaitu menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mamasa, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Polman, Koordinator Penyuluh Pertanian Polman.

Riwayat Ornaganisasi diantaranya IPM, PPI, Sekretaris Umum Senat Mahasiswa, KNPI Polmas, Badan Permusyawaran Mahasiswa Unhas, Pengurus Golkar Polmas, Dewan Penasehat PELTI, Ketua Ikatan Alumni Unhas Kab. Polman, Wakil Ketua PWRI Polman, Ketua Komite Nasoinal Olahraga KONI Polman, Ketua PERPADI Sulawesi Barat dan Ketua Majelis Lingkungan Hidup PDM Polman.

Penutup

Kematian adalah hal yang pasti dan merupakan hal yang paling dekat bagi setiap insan didunia ini tidak ada yang dapat mehindari kematian, kematian adalah bentuk kecintaan allah kepada hambanya, hal yang harus disiapkan adalah amalan dan bekal untuk kehidupan selanjutnya.

Ir. H. Bahrum Bando, M.M adalah sosok yang baik dan tegas menjadi pemimpin di ITBM Polman serta beliau adalah orang yang Visioner namun juga realistis dalam melihat dan mengambil langkah-langkah kebijakan untuk kemajuan ITBM Polman.

Selamat Beristirahat Ayahanda Rektor ITBM Polman Ir. H. Bahrum Bando, M.M. semoga amal ibadah diterima oleh Allah SWT dan semoga ditempat di tempat terbaik di sisinya. Aamin

Ditulis Oleh Agung Hidayat Mansur
Staf Rektor ITBM Polman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.