Empat Pesan Sekretaris BPH ITBM untuk Menjadi Mahasiswa Pemenang di Masa Pandemi

Sekretaris Badan Pembina Harian Institut teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (BPH ITBM) Polewali Mandar H. Ismail Ibrahim, S.Pd.I.,M.Pd.I menyampaikan sambutan pada kegiatan Fortama (Forum Taaruf Mahasiswa) yang dirangkaikan dengan Milad pertama ITBM Polman di Kampus ITBM Polman pada senin 11 Oktober 2021.

Dalam sambutannya iya memnyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru ITBM Polman dan menyampaikan tantangan menjadi mahasiswa di masa pandemic.

“Selamat datang dan selamat bergabung, ITBM (Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah) Polewali Mandar Tahun akedemi 2021-2022. Kampus yang dikenal dengan julukan “Kampus pencetak Technopreneur muda”. Memang tidak mudah, sebuah tantangan untuk menjadi mahasiswa baru di era pandemi, era baru, era serba tak pasti, seperti saat ini. Tentunya tidak ada yang menginginkan pandemi ini, namun kita diminta untuk merasakan dengan berbagai tuntutan untuk beradaptasi dan merasakan bagian dari disrupsi zaman ini.” Ucapnya kepada ratusan mahasiswa baru ITBM Polman.

Pada kesempatan itu pula H. Ismail Ibrahim yang juga sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat menyampaikan empat pesan kepada Mahsiswa yang telah memilih ITBM Polman dimana mahasiswa memiliki peran, tugas dan esensi lebih sebagai mahasiswa.

Sebab tidak semua orang punya kesempatan untuk menjadi mahasiswa. Dan dari sekian juta orang yang beruntung bisa mendapatkan kesempatan belajar ke jenjang yang lebih tinggi lagi, setelah tamat dari dunia wajib belajar 12 tahun. Namun yang dapat menikmati menuntut ilmu pendidikan, merasakan dalamnya sumur pendidikan di bangku perkuliahan hanya ratusan ribu anak muda. Artinya andalah terpilih dan karna itu anda memiliki tugas, kewajiban, peran, dan esensi lebih. Dari banyaknya pemuda yang ingin merasakan menjadi mahasiswa tetapi terkendala karena biaya, waktu, tanggung jawab, dan masih banyak faktor lainnya, dan anda beruntung bisa mendapatkan gelar itu.

Oleh karna itu, ingat pesan saya untuk mahasiswa baru yang telah memilih ITBM Polman:

  1. Perdalam pengetahuan, asah keilmuan, dan pahami segala peraturan yang ada. Mahasiswa sebagai bagian masyarakat ilmiah perlu sadar bahwasanya kampus tempat belajar, mengembangkan ilmu pengetahuan, bersosialisasi, berinteraksi, tempat memberi dan menerima, tempat bertanya dan menjawab, wahana miniatur bagi kehidupan di luar kampus yang sebenarnya, yang mungkin lebih liar dan berbahaya, dan segala hal yang unpredictable. Kampus merupakan tempat berkembang, tempat untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia, tempat untuk menjadikan anak muda yang langkah, kata, cara berfikir, ilmu, kedisiplin, dan pengetahuannya bisa membuat perubahan itu, artinya anda harus belajar dari sekarang.
  2. Jadilah aktivis yang berilmu, baik dalam kelas maupun di luar ruang kelas. Mahasiswa itu punya 2 kebutuhan pokok, yaitu kebutuhan akademik dan non-akademik dan tidak semua kebutuhan itu bisa di dapatkan di dalam ruang kelas. Jika anda nanti disebut sebagai aktivis maka jangan hanya menjadi aktivis diluar ruang kelas tetapi jadilah juga aktivis ketika didalam ruang kelas. Jangan menjadi mahasiswa yang merugi, yang belajar hanya didalam ruang kelas sehingga nantinya di hasil akhir anda hanya membawa selembar kertas yang bertulis lulus atau transkip nilai, dan perlu diketahui masa depan tidak cukup dengan selembar kertas hitam diatas putih. Maka dari itu jadilah mahasiswa aktif pegiat, IPK yang tinggi akan mengantarkan anda menuju panggilan wawancara tapi leadership, speaking skills, analytical skills, communication skills, dan time management itu yang akan mengantarkan anda menuju masa depan yang sukses. Dalam perjalanan ini anda harus punya double track:
    • Track akademik.
    • Track non-akademik.
    Keduanya harus seimbang, jadi bangun itu selagi anda punya kesempatan untuk melakukannya. Buat cita-cita, anda juga dapat mulai mengatur planning dengan sederhana, misal:
    • Berapa lama anda mau kuliah.
    • Anda mau melakukan apa selama kuliah.
    • Apa yang akan Anda kerjakan.
    Aturlah planning itu se-balance mungkin, sehingga antara kewajiban dan kepentingan dapat berjalan dengan imbang.
  3. Mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi/Kalau kita di PTMA dikenal dengan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhmmadiyah yaitu: Pendidikandan Pengajaran, penelitian, pengabdian kepada Masyarakat, dan penguatan al-Islam Kemuhammadiyahan.
    Fungsi utama pendidikan tinggi menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Pasal 4), adalah “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; Mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma; dan Mengembangkan ilmu Pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.”
  4. Mahasiswa adalah kaum perubahan.
    Jadikanlah kampus sebagai pusat peradaban masyarakat modern yang dimana dari kampus dan melalui mahasiswa bermula berbagai gagasan, inspirasi, serta motor. Dalam hal ini sumber daya mahasiswanya yang akan mewarnai dan menentukan arah perjalanan bangsa. Angggaplah mahasiswa itu sebagai ”Mata air-mata air” yang tersebar di seluruh Indonesia, yang diharapkan dapat mengalirkan gagasan, inspirasi serta aksi dari motor-motor penggeraknya. Sehingga dapat “menghidupkan” gairah serta vitalitas pembangunan. Teruslah menuai kebaikan sehingga menjadi mahasiswa yang dapat memahami situasi, menata hidup yang lebih baik, mengasah keahlian, merangsang kepekaan terhadap lingkungan, situasi yang mendorong anda belajar, berjejaring, berdiskusi, dan bergerak.
    Sebagai penutup, Rasulullah SAW bersabda: Khaerunnasi anfa’ahum linnas artnya; Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain.
    Demikian pesan yang dapat saya sampaikan, salam cinta, salam perubahan, dekap pergerakan. Semoga dari langkah awal ini mahasiswa akan mulai menitik karir untuk masa depan yang lebih baik. Aamiiin. Ungkapnya kepada Mahasiswa ITBM Polman.

AGUNG HIDAYAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.