Apa itu KRS ?

Sistem perkuliahan di Perguruan Tinggi (PT) berbeda jauh dengan sistem pendidikan di SMA/SMK. Setelah menjadi mahasiswa, kamu dituntut untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab, termasuk dalam menyusun rencana studi. Itulah sebabnya, kamu perlu tahu tentang KRS atau Kartu Rencana Studi.

Apa itu KRS? KRS adalah sebuah lembar khusus berisi daftar mata kuliah yang akan kamu ambil pada satu semester. Pengisian KRS biasanya dilakukan pada awal tiap semester. Selain mata kuliah yang diambil dan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester), terdapat pula informasi data mahasiswa, berupa nama, Nomor Induk Mahasiswa, fakultas, jurusan, dan tahun masuk kuliah.

Fungsi KRS

Mengapa kamu harus memahami apa itu KRS? Salah satu manfaatnya adalah supaya kamu mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perkuliahan pada semester baru. Sesuai namanya, KRS merupakan rencana atau strategi yang perlu kamu susun seefisien mungkin. Melalui pengisian KRS, kamu bisa menentukan jumlah mata kuliah yang akan diambil.

Lembaran ini akan sangat kamu perlukan pada kegiatan perkuliahan. Pasalnya, KRS merupakan bukti bahwa kamu telah mengambil sejumlah mata kuliah wajib. Bahkan, salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) adalah memiliki KRS pada semester yang sedang berjalan.

Sebelum Mengisi KRS

Ketika memilih mata kuliah yang akan diikuti, jangan lupa untuk memastikan jadwalnya tidak bentrok, ya. Tiap mata kuliah biasanya diselenggarakan pada waktu yang berbeda, tetapi ada pula yang bersamaan. Oleh karena itu, sangat perlu bagi kamu untuk mempertimbangkan baik-baik apa saja mata kuliah yang akan diambil.

Selain itu, kamu juga harus melengkapi persyaratan registrasi akademik, yaitu membayar SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sesuai jumlah yang telah ditentukan. Jika tidak, kamu tidak akan bisa mengisi KRS dan mengikuti perkuliahan.

Untuk mengisi KRS, ada jadwal khusus yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Kamu harus mengetahui informasi ini dan menaatinya. Apabila masa pengisian KRS telah lewat, kamu dipastikan harus cuti kuliah dan uang SPP dikembalikan. Jika ada yang keliru dan harus diubah setelah mengisi KRS, jangan khawatir, tersedia kesempatan bagi kamu untuk melakukan revisi.

Nah, demikian beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang apa itu KRS . Tidak perlu takut atau bingung karena kamu dapat memanfaatkan informasi resmi dari kampus atau bahkan meminta bantuan teman kuliah untuk mengisi KRS jika sudah menjadi mahasiswa nanti. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.